Monday, September 7, 2009

lunch for today..

Lunch?
apa spesialnya?
menunya menu biasa yg gw pesen kog..
harganya juga normal..
lah? terus?

Jadi hari ini gw cuma ada 1 kelas chemistry, jam 10-12..
sisanya? belajar sendiri dun di kamar.. haha..
kelar kuliah hari ini,
gw ke Frontier, kantin FOS (Faculty of Science), fakultas gw..
well, FYI kantin science itu amit2-penuh-banget-gilak!
apalagi peak hour, lunch time..
mahasiswa2 berkacamata bawa buku tebel bertebaran di mana2..
dapet meja aja susah,, antrian? beeuuhh.. jangan ngomong!

Kantin terbaik di Frontier itu Western Foodnya..
gw suka makan di situ..
tapiii antriannya puanjaaangg banget!
hhhhh.. apa yg harus kulakukan?? nih perut uda konser drtd.. huhu..
akhirnya gw ngantri tepat jam 12..
......................
......................
12.15 -> alamak masih panjang gini antriannya.. tp sayang akh uda ngantri drtd..
......................
......................
12.30 -> mulai masuk antrian 5 paling depan..

beberapa menit kemudian udah ngorder Beef Ball Spaghetti, menu favorit gw..
terbalas sudah antrian 30 menit,, asal dapet makanan kesukaan gw! hihi..

selesai?

BELOM!

gw cek dompet,, isinya 10 dollar-an.. plus 1 lembar 2 dollar..
padahal harga makanan gw, 2.8 dollar..
ga ada kembalian sama sekali cuiyyyyy..
nah lo nah loooo..

gw terpaksa nunggu beberapa org laen berikutnya yg mesen juga..
udah beberapa lama, ga ada kembalian juga..
perut gw uda bukan konser lg yeee.. DEMO!!
uuuhh laper T.T

mungkin karena iba melihat tampang ngiler gw ngeliatin spaghetti di tangan,
tiba2 ibu2 kantinnya blg gini,
"kamu pergi aja, makan dulu.. harusnya nanti udah ada kembalian.."

TOEEENGGG??

ibu2nya ga kenal gw! asli!
dan kantin itu luasss.. susah klo mo nyari orang, apalagi yg wajahnya ga familiar..
nih ibu2 ga takut gw kabur n ga bayar, apa?

gw senyam senyum ngejawab,
"tar ya bu, saya tuker duit dulu.. spaghetti-nya saya taroh sini dulu ya?"
"jangan.. jangan.. bawa aja.."
"hah, seriusan nih?"
"iya.."

bengong beberapa detik..
trus langsung ngacir ke meja,,
tau ga!??
temen gw uda selesai makan!! piringnya uda kinclong tinggal minyak! ahahahaha..
padahal mesennya barengan, tp dia mesen makanan laen..
jadi gw minjem recehan dr dia, sebesar 80 cents.. haha.. Thx Diana!!
gw langsung balik ke tempat Western Food yg masih-teramat-sangat-penuh-dan-panjang-antriannya..

"nih bu, exactly 2.80 dollar! thanks.."
ibu2 itu tersenyum liat gw bawa2 recehan..
"ok.. ok.."

WOW!

WOW banget menurut gw..!
Kalo gw bandingin di... ehm, Jakarta dulu...
MANA ADA KAYAK GITU?
ga ada duit pas, ada juga makanan kita ditarik dulu, suruh nuker baru dikasi..
gw uda beberapa kali ngalamin hal itu..
paling baek, orangnya nyuruh temennya nukerin..
tapi ibu2 ini?
dia tau gw ga tenang gara2 kelaperan..
gw salut banget ama mental orang2 sini..
ibu tadi seolah2 yakin, gw bakal kembali n bayar..
gw yakin, di sini pada umumnya orang2nya bermental OKE (gitu tegasnya..)
masing2 tau hak dan kewajibannya..
uda makan, n belom bayar? ya tau diri lah kembali n bayar..
SEMUA KESADARAN DIRI.. wooww!!
temen2 gw, n gw juga tentunya, harus belajar banyak ama org2 sini..
padahal, kita kan ga tau ibu2 kantin ini pernah ngecap bangku sekolah sampai mana..
bisa aja terpelajar, bisa juga ga..

well, yg gw alamin mungkin biasa aja, n simple..
tapi justru karena saking simple-nya itu looohh..
gw jadi mikirin ini terus..
bukannya mo ngebanding2in Jakarta ama Singapore,,

tapi gw cuma ngebayangin,,

mungkin gak ya Jakarta bakal kayak gitu juga?

sangat mungkin..

kapan?

ga tau..

yahhh.. meskipun demikian,,
Jakarta tetep di hati gw, dapet porsi lebih besar daripada Singapore..
ayo donk Jakarta, kita pasti bisa maju!!
hahahahaha..

hv a nc day all..

3 comments:

  1. Yup.. Itulah kebaikan orang-orang Singapura.

    Makanya gw dari dulu keberatan kalo OS dicap sebagai orang-orang kiasu dan individualistis.

    Bukan cuma lu aja, tapi gw juga banyak kali terbantu sama OS yang gw ga kenal sebelumnya dan sama sekali tidak terpintas kesan picik.

    Misal:
    - Sopir taksi yang ga mau dibayar karena dia lupa pasang argo
    - Sopir taksi yang ga mau dibayar penuh karena dia ambil jalan yang muter2 (padahal ga seberapa, dan sebenernya salah gw yg ngasih instruksi)
    - Sopir taksi yang mau nerima duit gw seadanya karena di dompet cuma ada $23 padahal waktu itu ke airport mestinya $27
    (so far sopir taksi nih... =s)

    - Ibu-ibu kantin yang ngasih makan dulu bayar belakangan juga ga terhitung. Mereka percaya dengan kita. (Tapi yah jangan disalahgunakan)

    - Teman-teman gw yang OS juga banyak yang friendly, reliable dan suka nolongin gw pas gw in trouble. Padahal ga banyak yang udah gw perbuat buat mereka.

    - dst..

    Malah gw ngerasa, gw yang dari Indo yang suka mikirin diri sendiri dan kurang terbuka sama orang lain =D Jadi banyak belajar deh di sini..

    So, enjoy Singapore!

    ReplyDelete
  2. Wah,kt sapa jkrta g ky gtu wang?lo harus ke kantin FE UI...qta kalo mesen,tinggal blg trus duduk d meja qta,ntar dianter ma mas2nya ke tmpat qta,trus tgl makan...bayarnya?ntar abis qta makan...padahal kalo lo tau wang,tu tmpatnya sumpah rame bgt gila2an...n qta tu bisa aja pesen makanan dr ruangan sini,tp makannya d ruangan sebelahna,jd ga bakal ktauan kalo qta kabur...smuanya beneran asas percaya doank...mreka ga akan tau jg kl qta ga bayar...gw mpe kagum ndiri :)

    ReplyDelete
  3. Yeah...Ni namanya culture shock.. =)
    Bisa dibilang orang disini lebih jujur and integritasnya lebih tinggi =)

    ReplyDelete